Selasa, 03 Mei 2011

TPA Tlekung 5 Tahun Penuh

BATU-Kendati baru beberapa tahun dioperasikan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung diprediksi akan penuh pada tahun 2016 atau lima tahun ke depan. Penuhnya sampah ini dikarenakan kesalahan sistem distribusi sampah serta penataan sampah di TPA.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kadir, aktivis lingkungan yang juga pemerhati masalah sampah dalam sebuah diskusi di Rumah Baca Mejikuhibiniu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Kadir perpendapat, semestinya TPA ini bisa digunakan lebih dari lima tahun, asal sistem distribusi sampah dan penataan sampah di TPA dilakukan dengan benar. “Kalau penataannya tetap seperti ini, saya prediksikan lima tahun lagi, TPA Tlekung akan penuh,” terang Kadir.

Jika TPA Tlekung penuh, Batu akan mengalami sebuah permasalahan sampah yang sangat berat. Padahal, sebagai kota wisata, kebersihan adalah syarat mutlak yang dibutuhkan.

Kesalahan manajemen sampah, terjadi karena belum ada konsep pengelolaan sampah yang baik di Kota Batu. Hingga saat ini, masih tercampur antara sampah yang susah terurai dengan sampah yang mudah terurai. (ba)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar