Sabtu, 06 April 2013

Tahun Pengharapan

Angka 13 bagi sebagian orang masih dianggap sebagai angka yang sial, tapi bagi Rumah Baca Mejikuhibiniu tahun 2013 adalah tahun pengharapan. Setahun sudah Rumah Baca Mejikuhibiniu tidak menyelenggarakan berbagai kegiatan, bukan karena pengurusnya sudah kehilangan semangat, tapi lebih dikarenakan sebagian besar pengurus Mejikuhibiniu menjadi penyelenggara pemilukada. Ketua Rumah Baca Mejikuhibiniu, Ninik Iswahyuni contohnya, dipercaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sidomulyo, begitu juga Siti Zulaikha, koordinator Bidang Kewirausahaan dan Pelatihan, dipercaya menjadi anggota PPS Desa Sidomulyo. Sama halnya juga dengan koordinator Bidang Kehumasan, Arif Erwinadi dipercaya KPU Kota Batu menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Bumiaji. Demi suksesnya pelaksanaan Pemilukada Kota Batu tahun 2012, muncul kesepakatan untuk menurunkan ritme kegiatan, meski demikian denyut kehidupan rumah baca Mejikuhibiniu tetap terjaga lewat gelak tawa, sendau gurau dan aktifitas adik-adik anggota perpustakaan yang tidak pernah surut mendatangi rumah baca kita ini.
            Awal tahun 2013 ini, pengurus Mejikuhibiniu sudah merencanakan berbagai kegiatan yang akan dilakukan bersama-sama anggota rumah baca. Selain merencanakan program penataan internal, pengurus merencanakan mengadakan dialog, pelatihan hingga lomba. Bulan April akan diawali dengan kegiatan Ngangsu Kaweruh I bertemakan kiat belajar efektif dengan mendatangkan narasumber yang berkutat di dunia pendidikan. Bulan Mei akan digelar Ngangsu Kaweruh II bertemakan bersahabat dengan buku. Bulan Juni digelar Ngangsu Kaweruh III bertemakan memanfaatkan potensi wisata untuk kesejahteraan. Pertengahan tahun, Rumah Baca Mejikuhibiniu akan menggelar lomba karya tulis bertemakan Narkoba dan Problematika Remaja. Akhir tahun, Rumah Baca Mejikuhibiniu akan menggelar kegiatan rutin tiap tahun yang menjadi kegiatan khas rumah baca ini, yakni dongeng akhir tahun.
            Serentetan kegiatan ini menjadikan tahun 2013 ini sebagai tahun pengharapan bagi pengurus Rumah Baca Mejikuhibiniu dan anggotanya. Pengharapan agar lebih baik dibanding tahun 2012. Rumah baca kita ini akan mewujudkan pengharapan ini menjadi sebuah kenyataan bersama-sama dengan anggota. (nad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar